Variasi Mesin Digital Printing

Variasi Mesin Digital Printing

Mesin Digital Printing merupakan salah satu teknologi POD (Print on Demand) yang memberikan cara untuk mencetak gambar pada media langsung dari komputer dengan ukuran yang besar. Teknologi ini berkembang seiring kemajuan teknologi digital printing indoor dengan maksimum lebar cetak 1,5 m dan kemudian diikuti oleh teknologi digital printing outdoor dengan resolusi dan kecepatan yang rendah. Dan hari ini digital printing telah berkembang menjadi mesin dengan lebar area cetak 5m dan mesin UV Flat Bed yang mampu mencetak pada beragam media dengan maksimal ketebalan media 100mm. Tidak hanya kapasitas saja, tetapi kualitas cetak terus berkembang seiring teknologi yang di sediakan oleh Epson, Konica Minolta, dan Spectra Polaris dimana masing-masing mampu menghasilkan titik yang kecil yaitu 6 pl dan 14pl. Dengan kemajuan teknologi, perbedaan antara mesin indoor dan mesin outdoor menjadi tidak samar. Inilah alasan mengapa kemudian banyak perusahaan mulai beralih ke mesin digital printing outdoor.
Digital Printing atau large format printer sendiri pada dasarnya merupakan sebuah teknologi mesin cetak yang mampu mereproduksi gambar atau teks dari komputer langsung ke media cetak tanpa melalui proses film maupun plat. Mesin ini mulai masuk di indonesia sekitar 10 tahun yang lalu. Secara garis besar, mesin ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Mesin Indoor
    Ini adalah mesin yang mampu menghasilkan hasil cetakan prima dan sangat baik untuk kondisi di dalam ruangan. Tetapi bukan berarti mesin ini tidak bisa membuat hasil cetakan yang baik untuk penggunaan di luar ruangan.
  • Mesin Outdoor
    Ini adalah mesin yang menghasilkan cetakan dimana hasil cetakannya dapat diletakan di luar ruangan dan bersifat waterproof serta tahan di segala cuaca.
  • Mesin Ecosolvent
    Ini adalah varian dari digital printing outdoor dimana mesin ini mampu menghasilkan cetakan yang dapat diletakan di luar ruangan dan tahan cuaca.

Digital printing memang saat ini semakin canggih. Ini juga diikuti dengan semakin banyaknya kehadiran brand-brand ternama yang menghadirkan mesin khusus digital printing. Saat ini memang ada banyak sekali pilihan merk mesin digital printing, demikian juga dengan pilihan tipenya. Masing-masing jenis mesin ini membawa fitur juga spesifikasi yang berbeda-beda, demikian juga dengan harga yang ditawarkan. Anda bisa dengan mudah menemukan merk dan jenis mesin-mesin digital printing ini karena saat ini juga ada banyak sekali agen atau distributor digital printing yang bermunculan. Bahkan, Anda tidak hanya bisa menemukan mereka melalui kunjungan langsung ke alamatnya saja, tetapi bisa juga menemukan dan bertransaksi ketika sedang berselancar di internet, sebab saat ini memang ada banyak sekali distributor dan agen mesin digital printing yang menyediakan layanan online authorized.
Dari segi harga, memang harga mesin printer digital ini relatif mahal, bahkan mencapai ratusan juta rupiah. Itulah mengapa tidak semua orang bisa memilikinya. Adapun orang yang membeli mesin ini biasanya tujuan penggunaannya adalah untuk bisnis jasa digital printing. Karena memang bisnis ini merupakan salah satu peluang bisnis yang sangat prospektif melihat tingginya kebutuhan pasar terhadap jasa ini dan juga kecilnya angka persaingan di bidang bisnis ini. Hal ini disebabkan tidak semua orang bisa menjalankan bisnis ini dengan kendala modal. Jika saat ini Anda sedang bingung mencari referensi peluang bisnis, tentu bisnis mesin digital printing ini bisa menjadi pilihan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp