Tips Memilih Mesin digital Printing yang Sesuai dengan Kebutuhanmu!

tips memilih mesin digital printing

Tips Memilih Mesin digital Printing yang Sesuai dengan Kebutuhanmu!

Bagi yang sedang menjalankan bisnis digital printing, berbagai tips memilih mesin digital printing terbaik dapat membantu Anda menggaet lebih banyak pelanggan. Pemilihan mesin ini mesti sesuai dengan kebutuhan cetak supaya hasilnya juga maksimal dari awal sampai akhir.

Bisnis percetakan berkualitas dalam segala aspek akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak kepercayaan pelanggan. Ketika sudah mampu menggaet pelanggan maka selanjutnya tinggal mempertahankan dengan terus konsisten memberikan pelayanan terbaik.

Orang-orang biasanya bukan hanya menghitung keuntungan kerja sama secara faktor ekonomis, namun juga memperhitungkan seperti apa pelayanan yang diberikan. Dengan adanya edukasi dari penyedia jasa, klien tidak akan merasa begitu buta dengan percetakan.

Tips Memilih Mesin Digital Printing yang Sesuai

Pemilihan mesin terbaik merupakan dasar dari seluruh kualitas cetak yang dihasilkan. Semakin bagus jenis mesinnya maka semakin baik kualitas akhirnya.

Sebaliknya, jika pertimbangannya hanya harga murah maka belum tentu kualitasnya juga bagus. Supaya tidak salah pilih, penyedia jasa bisa menyeleksi mesin berdasarkan tips berikut:

  • Pastikan Target Market

Siapa target market menentukan jenis mesin yang digunakan. Contoh, kebutuhan kualitas cetak perusahaan, lembaga pemerintah, retail, dsb masing-masing akan berbeda. Contoh sederhananya, ketika masa pemilu maka kebutuhan cetak melimpah dengan harga murah.

Seiring dengan harga yang murah maka kualitas cetaknya juga tidak perlu spesifikasi terlalu mewah. Jika target marketnya seperti ini maka tips memilih mesin digital printing bisa yang spesifikasinya biasa saja. Anda tinggal menyesuaikan detail mesin dengan kebutuhan saja.

Jika untuk kebutuhan kampanye dibutuhkan spek mesin biasa, maka tidak demikian ketika Anda mendirikan bisnis di dekat perusahaan kreatif. Jenis klien seperti ini biasanya lebih membutuhkan mesin dengan spek agak tinggi karena hasil cetaknya tentu wajib lebih baik.

  • Cari Tahu Kompetitor

Dalam berbisnis, memiliki kompetitor atau saingan itu hal wajar. Anda justru bisa mengambil sisi positif dan banyak pelajaran ketika hendak membuka bisnis serupa. Belajar banyak dari kompetitor bukan berarti Anda meniru dan mengambil pangsa pasar mereka.

Karena sejatinya sebagus apapun mesin, jika tidak disertai dengan pelayanan maksimal maka hasilnya percuma dan biasa saja. Intinya untuk mendapatkan hasil optimal dibutuhkan keseimbangan antara para pekerja manusia dengan spesifikasi mesin sekaligus konsistensi.

Selama bersaing secara sehat maka belajar dan meniru kualitas kompetitor bukanlah hal yang tidak diperkenankan. Asalkan terus mengembangkan diri dan mau belajar menghadapi segala perubahan zaman, maka bisnis Anda berpeluang besar untuk selalu bertahan.

  • Estimasi Modal Kembali

Dalam bisnis apapun, sebenarnya memperkirakan berapa lama modal kembali adalah hal penting. Meskipun sifatnya kasaran dan belum tentu bisa kembali seratus persen sesuai prediksi, namun setidaknya ada target waktu jelas untuk penyusunan strategi pemasaran.

Untuk meminimalisir terjadinya kerugian pada awal bisnis, Anda bisa menjalankan tips memilih mesin digital printing dengan spesifikasi bagus, namun jumlah unitnya sedikit dulu. Lihat seperti apa reaksi pasar baru kemudian tambah mesin jika memang bisnis menjanjikan.

Biasanya dalam satu tim tidak hanya terdapat orang-orang yang memahami satu bidang. Untuk memaksimalkan kerja tim maka butuh orang di bidang keuangan, manajemen, pemasaran, teknisi, dan banyak lagi detail tugas lainnya sesuai kebutuhan bisnis.

Baca Juga : Stiker Ritrama Dan Graftac Untuk Media Cetak

  • Temukan Partner yang Ahli

Siapa rekan bisnis Anda menentukan berapa lama modal kembali dan akan sebesar apa usaha yang dirintis tersebut. Dapat dikatakan rekan bisnis ini salah satu hal paling sulit karena pemikiran dua manusia bahkan lebih kerap menemukan banyak sekali percekcokan.

Berbeda pendapat satu dengan lainnya bisa menghambat bisnis bahkan dari awal pembentukan strategi. Tidak jarang karena bisnis, hubungan yang tadinya akrab justru menjadi renggang karena tidak adanya kesepakatan dalam memandang satu hal.

Jika urusannya sudah menyangkut rekan bisnis, tips memilih mesin digital printing tentu wajib atas kesepakatan bersama. Namun, perlu digaris bawahi bahwa landasan memilih mesin harus sesuai dengan tujuan produksi, contoh untuk kepentingan musiman atau bukan.

  • Cek Langsung Kondisi Mesin

Tips terakhir, cek kondisi mesin langsung ke lapangan. Hal ini bukan hanya berlaku ketika awal bisnis berjalan, namun juga harus selalu dilakukan bahkan pada saat bisnis sudah mulai besar. Survey langsung merupakan cara Anda mempertahankan kualitas hasil cetak.

Ini fungsinya Anda mendapatkan rekan bisnis yang tepat, semua pihak dapat berdaya dan bergerak untuk efisiensi waktu sekaligus tenaga. Gunanya tim supaya tugas teknis, manajemen, kerja lapangan dapat dihandle dengan baik dan rapi demi sebuah usaha.

Dari pemeriksaan mesin secara langsung ke lapangan menjadi langkah sederhana untuk menghasilkan cetakan terbaik. Semakin baik spesifikasi mesin dipilih maka semakin berkualitas hasil didapatkan. Sebaliknya, jika asal maka kualitas cetakan juga tidak bagus.

Kelima tips tersebut dapat membantu para pemilik usaha percetakan digital dalam menjalankan bisnisnya. Bisnis yang bertahan diantara kerasnya persaingan masa kini adalah salah satunya mengamalkan tips memilih mesin digital printing sebaik mungkin sesuai tujuan.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hai Kak, saya boleh tanya produk dari Klik Mapan?

Chat with us on WhatsApp