Peluang Target Pasar Digital Printing, Tertarik Berbisnis Digital Printing?

peluang target pasar digital printing

Peluang Target Pasar Digital Printing, Tertarik Berbisnis Digital Printing?

Tertarik berbisnis di bidang percetakan digital? Kenali dulu seperti apa peluang target pasar digital printing untuk memperjelas jalan menuju tujuan dalam berbisnis. Siapa target market Anda menentukan langkah demi langkah yang harus dilalui karena kebutuhannya berbeda.

Meskipun saat ini dunia online sudah mengambil alih beberapa porsi percetakan, namun pasar masih membutuhkan beberapa hal yang diprint. Contoh, ketika masuk masa pemilu maka kampanye dari mulai spanduk, banner, sampai dengan kaos butuh dicetak.

Masih banyak juga perusahaan penerbit buku maupun majalah yang membutuhkan jasa percetakan. Ini artinya, masih banyak market yang bisa disentuh oleh dunia percetakan digital. Mulai dari lembaga pemerintah, perusahaan, bahkan sampai usaha retail sekalipun.

Peluang Target Pasar Digital Printing

Peluang bisnis digital printing biasanya akan membludak ketika masa kampanye datang. Biasanya banyak calon pejabat membuat kaos sebanyak mungkin untuk alat kampanye dan sebagai alat meminta dukungan dari sebanyak mungkin masyarakat di Indonesia.

Selain itu, banyak lagi peluang untung dari berbisnis percetakan digital. Jika disesuaikan dengan marketnya maka detailnya seperti ini:

  • Reseller 

Reseller yang dimaksud di sini adalah orang dengan profesi sebagai broker maupun sales freelance dengan kendala tidak memiliki mesin. Sehingga untuk mengatasinya mereka mendatangi bisnis besar demi mencetak beberapa dokumen maupun selembaran.

Keuntungan dari peluang target pasar digital printing reseller atau retailer ini adalah Anda bisa mendapatkan uang tunai. Biasanya mereka datang dan membayar semua biayanya satu kali pertemuan atau saat itu juga, jadi enaknya cash flow tidak terganggu maupun tertunda.

Jika bisa memberikan kualitas terbaik untuk pangsa pasar paling sederhana ini, bukan tidak mungkin gaung pelayanan Anda bisa kian melebar. Besar kemungkinan juga terdengar ke berbagai perusahaan atau minimal satu perusahaan kemudian mereka bisa berlangganan.

Pesanan dari tipe klien seperti ini tidak mesti borongan. Bisa juga hanya beberapa pcs, namun pembayaran sudah pasti lunas atau tidak bertempo. Lain dengan perusahaan dan pemerintah, biasanya pelunasan dilakukan terakhir setelah barang jadi dan dikirim ke klien.

  • Pebisnis

Pebisnis dalam bidang apapun pastinya membutuhkan jasa digital printing untuk berbagai tujuan. Contoh, ada pebisnis di bidang skin care, mereka pasti membutuhkan label untuk berbagai produk dan demi mendapatkannya tidak bisa mempercayakan sembarang orang.

Apalagi jika Anda bisa memberikan kualitas cetak terbaik, bukan tidak mungkin jika pebisnis tersebut memilih berlangganan dalam jangka panjang. Bisnis skin care adalah salah satu contoh, contoh lainnya bisa juga bisnis makanan ringan, kemasan pasti butuh jasa cetak.

Contoh lain lagi, misalkan Anda seorang pebisnis minuman boba. Untuk kebutuhan marketing tentu cup bisa dibranding dengan menunjukkan logo atau tagline bisnis. Anda bisa mempercayakan proses cetaknya kepada jasa terpercaya.

Intinya, apapun jenis usahanya, khusus urusan pengemasan agar terlihat berbeda maka butuh kiprah para jasa percetakan. Semakin banyak ahli direkrut untuk mengerjakan detail kemasan, semakin banyak pebisnis dari segala bidang mengajukan kerja sama dengan Anda.

  • Perusahaan

Berbeda dengan pebisnis, perusahaan juga biasanya membutuhkan jasa percetakan untuk berbagai tujuan. Salah satunya ketika ada acara gathering seluruh karyawan di akhir tahun, kebutuhan properti pendukung biasanya melibatkan banner untuk tanda kumpul karyawan.

Perusahaan dapat menjadi salah satu peluang target pasar digital printing dan dapat dipertahankan sebagai langganan ketika penyedia jasa cetak dapat memberikan kualitas terbaik. Keuntungan memiliki langganan perusahaan adalah pesanan dalam bentuk partai.

Biasanya ketika perusahaan sudah menemukan satu tempat percetakan terbaik maka untuk selanjutnya tidak perlu riset ulang karena tinggal menghubungi jasa cetak yang sama. Kuncinya bukan hanya terletak pada kualitas akhir, namun juga pada seperti apa pelayanan.

Pesanan dari perusahaan biasanya banyak, bisa rutin dan bisa juga musiman. Jika sudah berlangganan, perusahaan bisa langsung menghubungi jasa untuk booking sebelum file dikirim melalui email maupun ada orang ke tempat percetakan langsung.

Baca Juga : Tips Memilih Mesin digital Printing yang Sesuai dengan Kebutuhanmu!

  • Pemerintah

Terakhir, peluang target pasar digital printing yang bisa menghasilkan cuan banyak pagi penyedia jasa adalah pemerintah. Terutama saat masuk masa pemilu, banyak sekali kebutuhan cetak mulai dari kaos partai, spanduk kampanye, surat suara, baliho, dsb.

Untuk borongan dalam jumlah besar ini memang terjadinya musiman, namun pada hari-hari biasa juga pemerintah tidak kalah banyak membutuhkan jasa percetakan. Contoh, rapat DPR, rapat tahunan, sosialisasi berbagai jenis program, dan masih banyak lagi lainnya.

Sama halnya seperti berbagai pangsa pasar lainnya, pemerintah juga menjadi lahan empuk bagi penyedia jasa percetakan untuk mendapatkan keuntungan. Semakin memuaskan pelayanan jasa diberikan maka semakin sering lembaga pemerintah mengajak kerja sama.

Keempat target market di atas sama-sama memberikan peluang cuan besar bagi penyedia jasa cetak. Anda bisa menentukan siapa target utama sedari awal untuk menyusun strategi berbisnis. Berbeda peluang target pasar digital printing maka berbeda juga ritme bisnisnya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hai Kak, saya boleh tanya produk dari Klik Mapan?

Chat with us on WhatsApp