Jenis Tinta Cetak Sticker : Kenali Terlebih Dahulu, Jangan Sampai Salah!

jenis Tinta Cetak Sticker

Jenis Tinta Cetak Sticker : Kenali Terlebih Dahulu, Jangan Sampai Salah!

Jasa digital printing menggunakan jenis-jenis tinta cetak sticker sesuai kebutuhan cetak. Ketika tujuannya untuk mendesain kaos tentu berbeda dengan pemilihan tinta untuk ditempel pada kertas atau berbagai kendaraan, seperti mobil dan juga motor bergerak.

Pertimbangan pemilihan tinta untuk media dalam dan luar ruangan juga pasti berbeda. Khusus untuk area luar ruangan biasanya akan dipilih warna-warna lebih berani dan tahan lama supaya tahan terhadap paparan sinar matahari maupun jika terjadi turun hujan.

Sebaliknya, untuk area dalam ruangan, tidak perlu perlindungan dari sinar matahari, akan tetapi tidak bisa sembarangan juga karena pengaruh pencahayaan dari lampu turut mempengaruhi. Salah memilih warna juga akan berdampak buruk pada visualisasi lighting.

Penjabaran Jenis-jenis Tinta Cetak Sticker Beserta Fungsinya

Orang yang banyak menggunakan mesin cetak atau printer pasti tahu betul ada berbagai warna serta jenis tinta, terutama untuk stiker. Masing-masing jenis ternyata memiliki ragam fungsi berbeda.

Secara garis besar, semua jenis tinta memberikan fungsi untuk mentransfer warna dari media digital ke media cetak. Melalui proses panjang, pewarnaan tidak dilakukan secara manual, melainkan melalui kerja mesin dengan pengaturan manusia.

Operator tinggal mengatur komposisi warna sekaligus berbagai pengaturan lainnya sebelum akhirnya mesin melakukan kerja otomatis. Nantinya hasil cetak yang keluar akan sesuai dengan pengaturan pada alat digital, seperti contohnya komputer.

Jika dijabarkan, jenis-jenis tinta cetak sticker beserta fungsinya, Anda akan menemukan beberapa detail berikut ini:

  • Solvent

Solvent memiliki daya tahan terbaik menghadapi air maupun sinar UV, kurang lebih spesifikasi atau teksturnya seperti cat duco. Penempatan jenis cat ini sangat baik untuk lokasi luar ruangan karena ketahanan terhadap cuaca kering maupun cuaca hujan.

Jika Anda memiliki kepentingan untuk mencetak spanduk, baliho, poster, billboard, dan juga neon box bisa menggunakan jenis cat ini. Kekurangan jenis cat ini adalah berbau menyengat, namun karena letaknya di luar ruangan maka tidak akan berpengaruh besar.

  • Eco Solvent

Berkebalikan dari Solvent, tipe Eco Solvent justru memberikan daya tahan agak kurang baik terhadap paparan sinar matahari. Namun, baunya tidak menyengat seperti pada solvent. Hal tersebut wajar karena penempatan jenis cat ini untuk area dalam ruangan.

Macam-macam media paling tepat diaplikasikan Eco Solvent adalah banner talkshow, x banner seminar, spanduk rapat tertutup, dan banyak lagi. Karena dari baunya berbeda maka teksturnya juga berbeda, semua disesuaikan dengan kebutuhan area penempatan.

  • Dye Base

Dye Base merupakan tinta yang sebagian besarnya terbuat dari bahan dasar air. Tipe ini bisa keluar warnanya ketika ada pencampuran cat dengan air. Biasanya tipe Dye Base memberikan solusi untuk menghindari printer macet.

Dari sekian banyak jenis-jenis tinta cetak sticker, tipe Dye Base adalah tipe yang paling umum digunakan. Harga ekonomis, kualitasnya seimbang dengan harga. Meskipun memang daya tahannya tidak lama, mudah luntur terutama jika pada media HVS.

  • Acid

Acid merupakan jenis tinta yang digunakan pada kain atau kerap menjadi pilihan para pemilik usaha distro. Wool, sutra, dan nilon adalah tiga rekomendasi kain dengan daya serap terbaik untuk menerima transfer warna dari tinta acid ini.

Perlu juga dicatat, terutama bagi pemilik usaha kaos pemula bahwa acid tidak cocok bagi beberapa tipe kain. Contoh, tidak cocok untuk kain polyester, rayon, dan juga katun. Intinya, acid tidak cocok sama sekali pada mesin sublim. Anda bisa memanfaatkan tipe lain jika mau.

Baca Juga : Sejarah Perkembangan Sticker Yang Panjang

  • Sublimasi

Tipe sublimasi terkenal dengan daya tahan yang sangat baik apabila dicuci. Solusi untuk yang ingin transfer warna ke polyester karena tidak bisa menggunakan acid maka bisa dengan tinta sublimasi. Biasanya industri garmen sering memanfaatkan tipe cat ini.

Diantara sekian banyak jenis-jenis tinta cetak sticker, tipe sublimasi paling sering digunakan pada sistem direct to textile. Proses transfer warna melalui pemanasan berlapis sampai akhirnya media terakhir mendapatkan hasil maksimal dari pewarnaan sublimasi tersebut.

  • Tinta UV

Sesuai dengan namanya, jenis tinta UV membutuhkan lampu UV untuk proses pengeringan. Ada juga printer yang sudah dilengkapi dengan fasilitas UV sehingga Anda tidak perlu repot lagi. Tipe pewarnaan seperti ini cocok untuk media lembaran maupun roll.

Tapi, spesifikasi tiap printer berbeda, ada juga yang khusus untuk cetak lembaran dan tidak kompatibel untuk jenis roll. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan seraya mencari tempat terbaik untuk menghasilkan kualitas maksimal.

  • Disperse

Terakhir, ada tinta disperse yang kompatibel dan ramah untuk mewarnai kain berbahan dasar polyester, acrylic, lycra, dan rayon acetate. Metode pewarnaannya menggunakan cara direct to textile karena tidak bisa memanfaatkan media transfer apapun.

Berbagai jenis cat warna untuk kepentingan digital printing tersebut merupakan referensi bagi usaha cetak digital. Selain yang sudah disebutkan, sebenarnya masih banyak lagi jenis-jenis tinta cetak sticker lainnya dengan spesifikasi dan keunggulan berbeda.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hai Kak, saya boleh tanya produk dari Klik Mapan?

Chat with us on WhatsApp