Fungsi Label Stiker Makanan, Apa Sih Pentingnya?

Fungsi Label Stiker Makanan, Apa Sih Pentingnya?

Fungsi Label Stiker Makanan, Apa Sih Pentingnya?

Tidak banyak orang menyadari pentingnya fungsi label stiker makanan sebagai sebuah identitas barang. Jadi ini tidak sekadar gambar yang sengaja dipasang untuk menarik minat pembeli saja.

Ada maksud tertentu dari penggunaan sehingga adanya label tersebut dapat memberikan sebuah penjelasan khusus. Disini kami akan mengupas secara tuntas masalah logo atau gambar pada produk.

Jadi konsumen bisa mengerti penting adanya penggunaan, dan calon produsen juga bisa memilih logo yang bagus. Karena peran label dalam dunia industri makanan itu sangat penting sifatnya.

Tanpa ada label artinya produk tidak memiliki kejelasan dan spesifikasi bagi para calon penggunaannya. Tentu hal tersebut akan membuat calon pengguna merasa ragu untuk menggunakannya.

Ada beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui sehingga ini tidak menjadi urusan sepele lagi. Karena tanpa sebuah logo Anda tidak akan mengetahui apa yang sekarang sedang dikonsumsi.

Mengenal Label Sticker Makanan

Label dalam sebuah produk makanan sudah ada sejak abad ke 13, awalnya hanya sebagai penanda nama barang saja. Namun seiring berkembangnya waktu pelabelan pada makanan tidak sekedar penanda saja.

Ada berbagai marketing gimmick yang perlu diperhatikan dalam pelabelan sebuah produk pangan. Tidak hanya sekedar bisa menarik minat calon pembeli saja namun meyakinkan mereka untuk membeli lagi.

Ini adalah fungsi label stiker makanan yang sejak awal sudah digunakan oleh para produsen. Ketika membeli barang berlabel tentu saja terdapat kepuasan tersendiri bahwa sudah menggunakannya.

Trend seperti ini bahkan sampai sekarang masih tetap menjamur di masyarakat kita. Seseorang terkadang tidak memilih roti karena rasanya namun karena brand yang diberikan kepadanya.

Ini adalah salah satu alasan mengapa sekarang pelabelan produk konsumsi menjadi fokus utama. Tanpa adanya branding maka sebuah barang kemungkinan tidak akan digemari oleh pasar.

Agar sebuah produk bisa menjadi primadona maka harus ada penanda unik dan yang paling mudah adalah pelabelan. Ini adalah fungsi label stiker makanan yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Perang logo dagang seperti ini juga sempat terjadi pada tahun 80 an sehingga pergantian brand sangat sering. Bahkan perusahaan besar juga mengubah logonya agar menjadi niche terhadap bidang tertentu.

Konsep marketing seperti ini memang sekarang masih berjalan namun volumenya tidak terlalu besar. Ada saja perubahan logo pada satu dua korporasi namun tidak pernah sampai seperti dulu.

Yang Harus Ada Pada Label

Ada delapan detail yang sekarang harus selalu ada pada setiap produk makanan. Tanpa adanya detail tersebut maka peredaran dari sebuah barang tentu perlu dipertanyakan kredibilitasnya.

  1. Nama produk

  2. Nama dagang

  3. Berat bersih

  4. Nomor pendaftaran

  5. Nama dan alamat perusahaan pembuat

  6. Tanggal kadaluarsa

  7. Kode produksi

  8. komposisi

Delapan detail tersebut harus selalu ditampilkan apabila Anda ingin menjual makanan kemasan secara legal di Indonesia. Fungsi label stiker makanan yang lain adalah menunjukkan detail tersebut.

Dengan konsumen mengetahui detail tersebut maka mereka bisa tahu bahwa makanan yang akan dikonsumsi adalah kredibel. Ini sudah sebagai salah satu aturan baku yang perlu dipatuhi oleh pemilik usaha.

Terkait dengan properti sendiri dalam sebuah logo sifatnya tidak boleh menyesatkan. Misalnya tertulis dalam produk roti rasa durian namun ternyata tidak ada rasa durian sama sekali di dalamnya.

Fungsi label stiker makanan salah satunya adalah menjelaskan produk apa yang akan mereka makan. Tanpa adanya branding maka konsumen juga akan ragu untuk mengkonsumsi barang tidak jelas.

Ini adalah hal yang perlu dipertimbangkan bagi para pebisnis awam ketika mendesain logo produknya. Jadi jangan sampai ada kesalahan informasi yang diberikan bagi para pengguna barang tadi.

Karena ketika detail penting seperti ini sampai tidak masuk dalam pengemasan produk jelas konsumen akan merasa ragu. Jika mereka ragu tentunya kemungkinan untuk menggunakan barang juga minim.

Baca juga: Bisnis Menjadi Efektif, Ternyata Ini Manfaat dari Penggunaan Striker

Beberapa Alasan Kenapa Harus Pakai Label Sticker Makanan

Selain formalitas hukum ternyata masih ada alasan lain mengapa pelabelan adalah sebuah hal wajib dalam industri makanan. Jadi adanya label ini juga dapat menjadi sebuah pertanda kebenaran produk.

Logo dapat digunakan untuk membedakan antara barang asli dan tiruan sehingga konsumen tidak merasa tertipu. Praktik seperti ini pernah berjaya pada tahun 2000an dimana produk tiruan menjamur di pasar.

Tanpa adanya brand unik dari sebuah barang maka konsumen juga tidak bisa membedakan keasliannya. Bagi produsen tentu hal ini juga akan merugikan karena ternyata konsumen tidak membeli barang asli.

Semakin banyak tindakan pemalsuan maka produsen juga akan merasa rugi karena produknya kalah saing. Ini adalah fungsi label stiker makanan yang tidak boleh dianggap sebelah mata.

Terdapat berbagai konsep lebih luas terkait memastikan keaslian barang berdasarkan labelnya. Biasanya ini dilakukan oleh masyarakat daerah karena memang distribusi barang kurang merata.

Jika sudah mengetahui logo resmi dari suatu brand maka konsumen juga tidak akan mudah tertipu dengan barang palsu. Ini bisa dijadikan fundamental dalam menentukan kualitas dan kredibilitas barang.

Apabila Anda meremehkan adanya logo pada sebuah produk maka besar kemungkinan mendapatkan barang palsu. Jadi selalu cek bagaimana kondisi labelnya agar bisa mendapatkan barang asli.

Setelah mengetahui beberapa fungsi tadi tentu saja Anda sekarang sudah lebih memahaminya. Cukup krusial memang fungsi label stiker makanan agar tidak terjadi pemalsuan produk.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hai Kak, saya boleh tanya produk dari Klik Mapan?

Chat with us on WhatsApp