Cara Merawat Mesin Digital Printing

Cara Merawat Mesin Digital Printing

Apakah dalam waktu dekat ini Anda berencana untuk membeli mesin digital printing? Jika demikian, tentu saja importir mesin digital printing adalah solusi yang paling tepat. Selain untuk jaminan kualitas produk, harga yang ditawarkan oleh importir ini juga tentunya akan jauh lebih murah jika dibandingkan di toko-toko mesin digital printing. Seperti halnya toko atau distributor resmi mesin digital printing, umumnya para importis mesin ini juga menawarkan banyak sekali pilihan merk dan jenis mesin digital printing. Sehingga memungkinkan Anda untuk bisa lebih mudah dan leluasa dalam memilihdan menyesuaikannya dengan kebutuhan maupun budget yang dimiliki.

Memilih mesin digital printing yang berkualitas dan terjangkau memang sangat penting untuk dilakukan. namun ada hal penting lainnya yang tidak bleh diabaikan, yakni berkaitan dengan perawatan mesin digital printing. Karena ini merupakan mesin berharga mahal, tentu Anda tidak ingin mesin ini mengalami kerusakan, karena itulah perawatan harus dilakukan dengan baik dan benar. Berbagai tips seputar perawatan mesin digital printing biasanya diberikan oleh pihak jual mesin digital printing ketika proses pembelian. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi tentang perawatan mesin ini melalui berbagai sumberi, termasuk diantaranya adalah internet. Karena saat ini juga ada banyak sekali penyedia informasi online tentang berbagai hal, tidak terkecuali juga untuk merawatan mesin digital printing.

Nah, bagi Anda yang masih bingung tentang bagaimana cara merawat mesin digital printing, berikut ini kami berikan beberapa tips yang bisa diikuti, diantaranya adalah:

  • Gunakan tinta yang sesuai dengan karakteristik printhead. Sebaiknya tidak memaksakan menggunakan tinta murah tetapi kualitas atau karakteristik yang tidak sesuai. Sebab hal ini dapat mengakibatkan mampetnya nozzle dan memaksa printhead bekerja lebih keras untuk menyemprotkan tinta.
  • Selalu jaga kebersihan, baik mesin maupun ruangan kerja. Lingkungan yang bersih juga membuat mesin tetap awet. komponen mesin terutama print head sangat rawan terhadap kotoran.
  • Cek dan pertahanakan suhu ruangan dalam kondisi sejuk. suhu yang direkomendasikan sekitar 26C. Suhu ruangan yang panas akan berpengaruh terhadap kinerja mesin yakni membuat mesin akan cepat rusak terutama print head.
  • Selalu gunakan stabilizer tegangan untuk menghindari naik-turunnya tagangan. Selain berpengaruh terhadap hasil printing, tegangan yang tidak stabil juga dapat memicu kerusakan pada mesin Anda. tagangan rendah akan memaksa mesin menggunakan arus yang besar untuk mendapatkan hasil optimal, sebaliknya tegangan tinggi juga berbahaya terhadap komponen kelitrikan didalamnya.
  • Sebelum Menghidupkan Mesin, pastikan Anda menggunakan stabiliser tegangan dan dicek tegangan berada pada range yang aman, sekitar 215-225V dan cek suhu ruangan sesuai dengan yg diijinkan. biasanya sekitar 26C
  • Selalu chek nozzle setiap hari sebelum proses cetak. Pastikan nozzle tidak ada yangg mampet, nozzle yang terlalu lama mampet akan menjadi mampet permanent.
  • Hindarkan benda-benda keras seperti gunting, cutter dan lainnya dari area printhead
  • Selalu gunakan Media Clamp (penjepit Media) agar media tidak tertabrak head.
  • Lumasi rel printhead dengan pelumas yang dianjurkan.
  • Bersihkan kipas-kipas pengering dan kipas vacum.
  • Luangkan waktu untuk over hole atau maintenance besar, disarankan untuk memanggil teknisi yang berpengalaman sesuai dengan merk printer, biasanya importir mesin digital printing akan memberikan rekomendasi untuk Anda. Ini bisa dilakukan setiap tahun sekali untuk menekan biaya maintenance.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp