Apa Itu Bisnis Digital Printing? Mengenal Tentang Digital Printing

Apa Itu Bisnis Digital Printing

Apa Itu Bisnis Digital Printing? Mengenal Tentang Digital Printing

Apa Itu Bisnis Digital Printing – Dewasa ini bisnis sudah menjadi salah satu trend yang diminati oleh sebagian banyak orang, terutama kalangan muda. Hal ini dikarenakan kondisi pada misalnya saat ini menuntut kita untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Apalagi bagi karyawan yang di PHK dari tempat kerjanya, sehingga bisnis menjadi solusinya.

Nah, apakah Anda juga termasuk salah satu orang yang berminat untuk memulai sebuah bisnis? Namun, tidak tau bisnis apa yang akand dijalankan? Mungkin memulai bisnis digital printing bisa menjadi pilihannya. Nah, jika tertarik dengan bisnis ini, alangkah baiknya menyimak ulasan kali ini terkait apa itu bisnis digital printing, alur proses kerjanya hingga kelebihan dan kekurangannya.

Pengertian Digital Printing

Digital printing merupakan metode percetakan yang saat ini banyak digunakan untuk mencetak gambar dengan berbasis digital. Yang mana proses kerja dari digital printing ini biasanya berasal dari file dan setelah itu akan dicetak pada berbagai media dengan proses yang cepat dan instan.

Jika sebelumnya percetakan konvensional masih sering digunakan dan terkesan lebih lama dalam proses kerjanya. Namun, saat ini dengan adanya digital printing yang bisa mencetak lebih cepat, tentu saja akan sangat menguntungkan. Apalagi kemajuan teknologi yang semakin canggih, sehingga sebagai masyarakat kita juga harus beradaptasi.

Perbedaan Digital Printing Dengan Offset Printing

Setelah mengetahui apa itu  bisnis digital printing, kini saatnya mengetahui istilah-istilah dalam percetakan. Ada banyak istilah dalam percetakan misalnya saja digital printing, offset printing dan screen printing. Yang mana ketiga metode percetakan ini memiliki perbedaan dalam hal biaya produksinya. Dari ketiga metode tersebut, digital printing mempunyai biaya produksi yang lebih tinggi untuk hitungan persatuannya. Meskipun begitu sebanding dengan kualitas yang dihasilkan dan juga kelebihan-kelebihan lainnya.

Adapun Beberapa kelebihan dari teknik digital printing seperti tidak perlu membutuhkan proses pracetak seperti pembuatan plat cetak dan pembuatan film. Pasalnya proses yang dilalui dalam teknik digital printing ini ini lebih cepat dan ringkas. Dengan kelebihan tersebut, digital printing sering digunakan untuk cetakan dalam jumlah kecil dan dalam waktu yang instan.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya terkait perbedaan ketiga teknik percetakan tersebut, berikut ini alur proses kerjanya.

  1. Digital printing alur kerjanya mulai dari file gambar, lalu diproses menggunakan mesin dan dicetak pada media.
  2. Screen printing alur kerja nya mulai dari file gambar, lalu diproses pada film. Nah, setelah itu diproses pada screen dan di cetak pada media.
  3. Offset printing alur kerjanya mulai dari file gambar – film – mesin – media.

Kelebihan Digital Printing

Seperti yang telah dijelaskan terkait apa itu digital printing bahwa teknik ini memang membutuhkan biaya yang lebih tinggi dalam produksi, tetapi banyak sekali kelebihannya. Nah, sebagaimana berikut ini beberapa kelebihan tersebut.

  • Waktu produksi yang dibutuhkan dalam digital printing lebih cepat.
  • Dapat print atau mencetak gambar pada media tertentu dengan jumlah sesuai keinginan. Bahkan, Anda juga bisa mencetak dalam satuan.
  • Proses produksi yang dilalui lebih ringkas dibandingkan dengan teknik lainnya. Bahkan, hasil cetak sudah bisa langsung dilihat.
  • Dengan proses produksi yang lebih cepat dan sedikit, tentunya tenaga kerja yang dibutuhkan juga lebih sedikit.
  • Tidak rumit proses kerjanya, sehingga siapapun bisa melakukannya begitupun pembisnis pemula.

Baca Juga : Tips Memilih Mesin Digital Printing Yang Baik

Kekurangan Digital Printing

Meskipun digital printing memiliki banyak sekali kelebihan, tetap saja masih ada kekurangannya. Yang mana berikut ini beberapa kekurangannya:

  • Produksi digital printing dalam hitungan satuan lebih tinggi jika dibandingkan dengan percetakan lainnya seperti sablon atau offset.
  • Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini juga cukup besar.

Jenis-jenis Digital Printing

Ada beberapa jenis digital printing berdasarkan mesin yang digunakan. Yang mana jenis-jenis digital printing ini penting sekali untuk diketahui terutama bagi Anda yang berminat untuk memulai bisnis digital printing. Nah, sebagaimana berikut ini jenis-jenisnya.

  • Large format digital printing dalam mencetak menggunakan mesin printer dengan ukuran besar. Biasanya mesin ini digunakan untuk mencetak banner, baliho, spanduk, Billboard, kanvas dan lain sebagainya.
  • Digital offset printing mesin yang biasa digunakan untuk mencetak pada media kertas seperti fancy, art paper, HVS, duplek, ivory dan lainnya.
  • Keramik digital biasanya digunakan untuk print pada keramik, gelas mug atau pada media berat lainnya.

Sebenarnya masih banyak jenis digital printing yang saat ini tersedia. Bahkan, seiring perkembangan teknologi, kemungkinan ke depannya juga akan bertambah variasi dan kegunaannya.

Bagaimana, sudah faham terkait apa itu bisnis digital printing? Nah, jika sudah memahaminya, bagi Anda yang berminat untuk memulai bisnis digital printing, bisa mencari tahu tips-tips memulainya di distributor mesin digital pronting. Dengan menerapkan tips-tips yang benar, bisnis digital printing akan berjalan sesuai dengan keinginan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Hi there! Click one of our representatives below and we will get back to you as soon as possible.

Chat with us on WhatsApp